Tips Jaga Anak-Anak Aman Saat Online

Gaya Hidup  
Ilustrasi.
Ilustrasi.

Masa pandemi memicu lonjakan penggunaan gawai internet. Tidak hanya di kalangan dewasa. Banyak anak-anak semakin sering dan terbiasa menghabiskan lebih banyak waktu untuk online.

Sayangnya, peningkatan tersebut tidak diiringi pengetahuan baik si kecil tentang keamanan di dunia maya. Tidak sedikit, anak anak terpapar konten berbahaya, tanpa menyadarinya.

Padahal, selain terganggu kualitas pertumbuhannya, mereka juga bisa menjadi korban pihak-pihak jahat, yang mengincar lewat dunia maya.

Scroll untuk membaca

Scroll untuk membaca

Karena itu orang tua perlu waspada dan aktif berperan serta dalam mengawasi anak agar tetap aman saat online.

Untuk mengantisipasi itu, berikut beberapa tips untuk menjaga anak-anak Anda tetap aman saat online, seperti dikutip dari Kapersky:

• Jangan abaikan untuk menunjukkan antusiasme pada aktivitas online anak-anak Anda. Tanyakan apakah Anda dapat menonton serial favorit atau mendengarkan trek musi kegemaran mereka bersama.

Sebagai opsi, Anda dapat mempelajari beberapa praktik keamanan agar tetap terlindungi saat menjelajah online.

• Pilihan aplikasi kontrol orang tua bisa menjadi upaya tepat. Tetapi penting untuk mendiskusikan topik ini dengan anak Anda untuk menjelaskan cara kerja aplikasi tersebut dan mengapa mereka harus tetap aman saat online

• Jelaskan bahwa informasi sensitif hanya boleh dibagikan melalui aplikasi pesan dan hanya dengan orang yang mereka kenal di kehidupan nyata. Anda bisa menjadi panutan dan menunjukkan kepada mereka contoh perilaku yang baik.

• Luangkan lebih banyak waktu untuk berkomunikasi dengan anak-anak Anda tentang langkah- langkah keamanan online.

Coba perhatikan kebiasaan pada diri sendiri. Apakah Anda menggunakan ponsel cerdas di saat makan atau berbicara? Apakah anak-anak meniru kebiasaan atau pola perilaku Anda?

Apakah mereka bereaksi dengan cara yang berbeda ketika Anda menyimpan ponsel Anda?

• Jadikan pembicaraan tentang keamanan siber lebih menyenangkan dan menarik dengan mendiskusikannya dengan anak Anda melalui permainan dan format menghibur lainnya.

Sumber: Kapersky

Baca:

- 10 Tips Amankan Data Pribadimu di Dunia Maya

- Sering Nggak Pede Foto Selfie tanpa Filter? Waspadai Sindrom Ini

- Rata-Rata Anak Tatap Layar Gawai 6 Jam per Hari... Bagaimana Cara Menguranginya?

Ikuti Ulasan-Ulasan Menarik Lainnya dari Penulis Klik di Sini
Image

Penyuka mi ayam

Jadi yang pertama untuk berkomentar

Kontak Info

Jl. Warung Buncit Raya No 37 Jakarta Selatan 12510 ext

Phone: 021 780 3747

marketing@republika.co.id (Marketing)

× Image