Apa Itu FYP di Tiktok?

Gaya Hidup  
FYP Tiktok. Ilustrasi. Sumber: Tokopedia
FYP Tiktok. Ilustrasi. Sumber: Tokopedia

FYP menjadi salah satu kata populer baru. Pengguna lama media sosial TikTok mungkin sudah khatam dengan kata ini. Tapi, lain hal dengan pengguna baru. Sebagian mungkin masih bertanya-tanya, apa itu FYP di TikTok?

FYP adalah singkatan dari "For You page". Ia merupakan halaman atau tampilan pertama yang kamu lihat ketika pertama kali membuka aplikasi TikTok. Video yang muncul di FYP biasanya sedang popular. Bisa berasal dari pengguna yang bahkan tidak kamu follow. Namun, isinya disesuaikan dengan minat dan interaksi kamu sebelumnya.

Perlu diketahui, konten yang ada di FYP kamu belum tentu sama dengan yang muncul di akun orang lain. Meski terkesan random alias acak, video ini sebenarnya sudah dikurasi oleh algoritma Tiktok. Dipilih berdasarkan beberapa faktor, selain minat dan interaksi yang disebutkan sebelumnya.

Scroll untuk membaca

Scroll untuk membaca

Faktor-faktor tersebut di antaranya caption, tagar, jenis konten yang kamu suka, yang kamu bagi, ikuti, dan buat, termasuk komentar. Faktor lain termasuk setingan perangkat kamu, seperti preferensi bahasa, setelan negara asal, dan tipe perangkat.

FYP sebenarnya mirip fitur Instagram Explore Page. Ia sebenarnya sengaja dibuat khusus untuk membuat kamu betah berlama-berlama menscroll halaman di beranda.

Bila kamu menyukai dan sering berkomentar pada beberapa video soal tips olahraga misalnya, kemungkinan besar kamu akan terus melihat konten seputar itu setiap hari. Gimana nggak betah coba. Bisa-bisa sampai lupa waktu.

Apa Keuntungan FYP di TikTok?


Di balik misi mempertahankan pengguna tetap setia menggunakan aplikasi, For You page sebenarnya punya keuntungan yang bisa diambil penggunanya. Bukan hanya perusahaan pemilik aplikasi.

Keuntungan ini sudah terbukti banyak dirasakan para kreator konten, influencer, selebritas, sampai perusahan-perusahaan dan merek ternama. Apa saja? Berikut beberapa di antaranya.

Followers = Monetisasi: Semakin sering masuk FYP TikTok, biasanya semakin mudah kamu mendapat lebih banyak pengikut (followers). Bila sudah mencapai 10 ribu followers, kamu bisa menghasilkan uang lewat TikTok Creator Fund.

Endorse: Banyak akun akun ternama di TikTok, sebut saja influencer atau content creator, yang mendapat keuntungan dari konten yang masuk FYP. Salah satunya mendapat endorsment atau sponsor.

Mereka mendapatkan uang dari mengiklankan produk di akun mereka. Banyak brand yang menyasar para seleb media sosial untuk memasarkan produk mereka. Selain tepat sasaran, cara ini dinilai lebih efektif dan efisien ketimbang beriklan di media konvensional.

Promosi: Jika kamu biasa mendapat 100 views per TikTok, fitur FYP bisa memperluasnya menjadi puluhan ribu dengan cepat.

Bagi perusahaan, pebisnis, pengusaha, UMKM, atau merek, ini tentu peluang untuk bisa mengiklankan atau mempromosikan jasa, layanan, atau produk mereka.

Mereka juga bisa lebih dekat dan terhubung dengan konsumen. Dampak positifnya, penjualan makin laris, konsumen pun semakin loyal.

Cara Agar Masuk FYP TikTok?

Agar video kamu bisa masuk FYP di Tiktok, ada banyak kiat dan strateginya. Namun setidaknya tiga faktor penting yang disebut-sebut butuh jadi perhatian.

1. Setelan Perangkat dan Akun

Setelan perangkat dan akun kamu ternyata mempengaruhi peluang FYP. Ini termasuk setting-an lokasi, bahasa, jenis perangkat, dan negara asal, bisa cukup berperan dalam menentukan peluang masuk TikTok FYP.

Bukan berarti dengan menyetel ke lokasi dan bahasa berbeda bisa langsung masuk FYP. Namun, itu lebih kepada bagaimana algoritma TikTok menyesuaikannya dengan audiens atau penonton kamu.

Salah satu contoh, konten stand-up singkat berbahasa Indonesia umumnya akan berpeluang lebih besar ditonton oleh banyak pengguna Indonesia.

Namun, ini bukan hal mutlak. Konten kamu juga masih bisa tersebar hingga ke layar pengguna yang berada di benua lain.

2. Interaksi penguna

Semakin kamu mendapat banyak komentar, likes, shares, dan duet, kontemu kemungkinan bakal lebih mudah terbaca algoritma TikTok dan masuk ke FYP.

Faktor rangking lain dari FYP adalah waktu tonton pengguna atas videomu. Mereka menonton sampai habis atau tidak?

Semakin banyak yang menonton sampai habis, peluang masuk For Your Page semakin besar.

Tiktok memang menggunakan format video pendek 15-60 detik. Namun, tidak jarang, pengguna menswipe sebuah konten bila saat detik-detik awal sudah tidak menarik.

Beberapa pengguna berpengalaman, menyarankan agar sebaiknya buatlah video sesingkat mungkin, tapi langsung mengena ke penonton.

Dibanding, video yang menyimpan kejutan di akhir, namun, pengguna malas menontonnya sampai habis. Bila itu terjadi, peluang masuk FYP semakin kecil.

3. Tagar, sound, caption Video

Tagar, sound, dan caption adalah bagian dari informasi yang bisa membantu kamu masuk For You page.

Sebagai contoh, jika kamu menggunakan tagar dan potongan lagu yang sedang nge-tren, semakin besar kamu memancing algoritma TikTok untuk menjadikannya FYP.

Sebagian pengguna meyakini cukup dengan memasukan tagar #fyp atau #ForYou sudah cukup untuk membuat konten masuk ke halaman pertama orang lain. Padahal, bila kontenmu tidak optimal, termasuk dalam menggunakan tagar, peluangnya kendur.

Cari tagar yang relevan dengan konten dan niche (segmentasi) akunmu.

Kalau kontenmu tentang memasak, cari tagar terkait memasak yang sedang banyak digunakan dan nyambung topiknya dengan kontenmu. Gunakan tagar itu.

Ini bisa memperbesar peluang kontenmu ditemukan banyak pengguna Tiktok yang sesuai.

Tujuan utama TikTok adalah untuk membuat orang-orang betah menggunakan aplikasi mereka. Menyajikan konten-konten yang sedang trending dan menjadi bagian di dalamnya, salah satu hal penting untuk membuat konten masuk FYP.

Baca juga

- TikTok Munculkan Tombol 'Dislike', Mengapa?

- 5 Situs Paling Mudah Digunakan untuk Download Video TikTok tanpa Watermark 2022

- Youtube, TikTok, dan Monetisasi Shorts

- Download Video TikTok Tanpa Watermark 2022 di Snaptik App, Tanpa Aplikasi, Formatnya Mp4

- Y2mate: Mudah dan Cepat, Download Video dari Youtube, Ubah ke MP3/MP4

- Download Lagu MP3 dari Video Youtube tanpa Aplikasi? Coba YTMP3, Mudah, Gratis Pula

Berita Terkait

Image

Download Video Tiktok Tanpa Tulisan TikTok, Mudah di Snaptik

Ikuti Ulasan-Ulasan Menarik Lainnya dari Penulis Klik di Sini
Image

Penyuka mi ayam

Jadi yang pertama untuk berkomentar

Kontak Info

Jl. Warung Buncit Raya No 37 Jakarta Selatan 12510 ext

Phone: 021 780 3747

marketing@republika.co.id (Marketing)

× Image