WhatsApp Rilis Opsi Blokir Screenshot untuk View Once, Fitur Hapus Pesan Otomatis

Teknologi  
Whatsapp. Ilustrasi
Whatsapp. Ilustrasi

Whatsapp sempat menggulirkan fitur View Once pada Agustus 2021. Fitur ini memungkinkan pengguna mengirim foto atau video yang akan secara otomatis terhapus setelah penerima melihat atau menontonnya sekali. Namun, Whatsapp lupa, pengguna masih bisa melakukan tangkapan layar alias screenshot dari perangkat.

Melihat fenomena itu, Bos WhatsApp Mark Zuckerberg pun angkat bicara pada 2022. Ia mengumumkan bakal menghadirkan opsi untuk memblokir screenshot di perangkat penerima.

Kini fitur tersebut akhirnya mulai digulirkan. Seperti dilaporkan Metro.co.uk, Rabu (5/10/2022), Whatsapp mulai merilis opsi blokir screenshot di View One versi beta kepada sejumlah pengguna.

Scroll untuk membaca

Scroll untuk membaca

Mengutip WABetaInfo, setiap pengguna yang mencoba mengambil tangkapan layar untuk fitur View Once akan mendapatkan pesan: "Tidak dapat melakukan screenshot karena kebijakan keamanan"

Pengguna juga disebut tidak bisa menggunakan aplikasi pihak ketiga untuk menangkap layar. Hasil tangkapan hanya akan mengasilkan gambar hitam gelap.

Sejauh ini fitur pemblokir tangkapan layar memang belum tersedia untuk semua pengguna. WhatsApp mengatakan masih menguji coba fitur ini dan akan segera meluncurkan ke semua pengguna dalam waktu dekat.

Fitur View Once sebenarnya bukan inovasi asli dari Whatsapp. Ia sedikit meniru aplikasi lain SnapChat. Bedanya, SnapChat memberikan informasi kepada pengguna bila ada yang melakukan tangkapan layar. Whatsapp tidak.

Fitur ini berguna untuk mengirim pesan foto atau video yang bersifat penting atau rahasia. Pemblokir screenshot diharap dapat memperkuat keamanannya. Kendati, tidak 100 persen. Karena pengguna bisa saja merekam gambar atau video dengan kamera atau ponsel lain. Sesuatu yang rasanya tidak bisa dicegah WhatsApp.

Sumber: Metro.co.uk

Baca juga

- Download GB Whatsapp (GB WA) Paling Baru Update September 2022: Mudah, Cepat, Aman

- Y2mate: Download dan Convert Video Youtube Jadi MP3 tanpa Basa-basi!

- YTMP3: Download Lagu Mp3 dari Video Youtube Tanpa Aplikasi, Gratis dan Cepat

- Cara Download Musik Tiktok yang Sedang Viral Jadi MP3

Berita Terkait

Image

Download GB Whatsapp (WA GB) Versi Terbaru Desember 2022: Tanpa Kadaluarsa dan Anti Blokir

Image

Cara Download GB Whatsapp (GB WA) Terbaru Anti Banned 2022

Image

Download GB Whatsapp Terbaru 2022: Link Asli, Unduh Langsung dari Google Chrome

Ikuti Ulasan-Ulasan Menarik Lainnya dari Penulis Klik di Sini
Image

Penyuka mi ayam

Jadi yang pertama untuk berkomentar

Kontak Info

Jl. Warung Buncit Raya No 37 Jakarta Selatan 12510 ext

Phone: 021 780 3747

marketing@republika.co.id (Marketing)

× Image