Empat Model iPhone 14 Dirilis, Ini Lima Catatan Pentingnya

Teknologi  
Sumber: Future via Tech Radar
Sumber: Future via Tech Radar

RUANG TEKNO -- Apple Inc resmi merilis empat model iPhone terbaru, Kamis dini hari (8/9/2022) WIB. Mereka adalah iPhone 14, iPhone 14 Plus, iPhone 14 Pro, dan iPhone 14 Pro Max. Dari keempat seri diluncurkan ini, ada sejumlah hal menarik untuk disoroti. Apa saja?

Berikut lima catatan penting yang setidaknya menjadi sorotan dalam peluncuran iPhone 14 series di Cupertino, California, AS.

1. Model "Biasa" dan Premium

Dari empat model yang diluncurkan, iPhone 14 sebenarnya bisa digolongkan dalam dua kategori.

Scroll untuk membaca

Scroll untuk membaca

Yang pertama adalah seri basic ("biasa") yakni terdiri dari iPhone 14 dan iPhone 14 Plus. Sementara kategori kedua bisa dibilang sebagai seri premium-nya, yakni iPhone 14 Pro dan iPhone 14 Pro Max.

Seri "biasa" atau premium tentu saja memiliki sejumlah perbedaan. Mulai dari segi performa prosesor hingga desainnya. Penjelasannya singkatnya bisa disimak di bawah ini.

2. Prosesor

Prosesor yang dimiliki iPhone 14 dan iPhone 14 Plus pada dasarnya sama dengan iPhone 13 series. Mereka sama-sama dibekali prosesor A15 Bionic chip.

Meski terkesan 'jadul', A15 Bionic tetap terbilang sebagai prosesor terbaik di kelasnya. Perangkat berbasis CPU (otak) 6-core dan GPU (pemroses grafis) 5-core ini terbilang ngebut.

Yang membedakan iPhone 14 dan 14 Plus ketimbang iPhone 13 disebut sebut ada pada sistem pendinginnya.

Seri iPhone 14 and 14 Plus diklaim dibekali sistem termal lebih baik untuk menopang kinerja prosesor. Secara logika sih, ini bisa bikin performa dua iPhone terbaru lebih mulus dan hemat baterai.

Berbeda dengan seri basic, iPhone 14 Pro dan iPhone 14 Pro Max sudah menggunakan prosesor Apple paling anyar, yakni cip A16 Bionic. Kinerjanya dipastikan jauh lebih kencang dibanding model iPhone lain yang ada saat ini.

3. Desain

Desain iPhone 14 pada dasarnya tidak jauh berbeda dengan iPhone 13. Perbedaan mencolok mungkin hanya bisa didapati pada model iPhone 14 Pro dan 14 Pro Max. Dua seri premium ini sudah didukung fitur Dynamic Island, yang menghilangkan poni (notch) tradisional sebelumnya.

iPhone 14 juga diumumkan telah menghilangkan slot untuk kartu SIM. Setidaknya sejauh ini, untuk pasar Amerika Serikat. Keempat model ini merupakan yang pertama membuang slot SIM fisik dan menggunakan sistem SIM digital (eSIM) sepenuhnya.

Secara ukuran, iPhone 14 tidak berbeda dengan 13. Hanya saja, untuk versi Plus dimensinya sedikit lebih besar, yakni 6,7-inchi.

4. Kamera dan Baterai

Total ada tiga kamera dimiliki iPhone 14. Di bagian belakang, ada dua kamera, yakni wide dengan resolusi 12MP (megapiksel) dan ultrawide 12MP. Sementara di depan memuat kamera berteknologi TrueDepth 12MP.

Apple mengklaim kamera utama di iPhone 14 bisa menangkap gambar lebih kinclong dalam kondisi gelap. Sementara kamera depan sudah dilengkapi autofokus.

Soal baterai, Apple tidak mengungkap spesifikasi rincinya. Namun mereka bilang baterai iPhone 14 dayanya lebih panjang dari semua iPhone yang ada. Mungkin kalau bisa diduga-duga, bisa bertahan minimal sekitar 15 jam atau hingga seharian penuh saat dipakai menonton video terus-menerus.

5. Fitur Darurat dan Deteksi Tabrakan (crash detection).

Dua fitur yang cukup digadang-gadang dalam peluncuran iPhone 14 adalah Emergency Satellite Communications dan Crash Detection.

Emergency Satellite Communications bisa dibilang sebagai fitur 'SOS' darurat. Ia memungkinkan iPhone 14 mengirim data ke satelit saat tidak ada sinyal.

Sementara Crash Detection disebut-disebut berguna ketika misalnya kendaraan kamu mengalami kecelakaan dan dapat memberitahukan dengan cepat situasi tersebut.

Sumber: Tech Radar, Washington Post, The Verge

Baca:

- Harga iPhone 14 (Dalam Rupiah) dan Spesifikasi Lengkapnya

- Ini Spesifikasi Lengkap dan Harga iPhone 14 Plus

- Download dan Convert Video dari Youtube Jadi Lagu MP3 atau MP4, Gratis dengan Y2mate

- Download dan Instal GB Whatsapp (GB WA) Terbaru 2022 di HP Android, Gampang dan Cepat

- Y2mate: Mudah dan Cepat, Download Video dari Youtube, Ubah ke MP3/MP4

- YTMP3: Download Lagu Mp3 dari Video Youtube Tanpa Aplikasi, Gratis dan Cepat

Berita Terkait

Image

Cara Download Video Youtube di HP

Ikuti Ulasan-Ulasan Menarik Lainnya dari Penulis Klik di Sini
Image

Penyuka mi ayam

Jadi yang pertama untuk berkomentar

Kontak Info

Jl. Warung Buncit Raya No 37 Jakarta Selatan 12510 ext

Phone: 021 780 3747

marketing@republika.co.id (Marketing)

× Image